Jakarta, Orang yang memiliki varises di kaki kadang takut berolahraga, karena berpikir latihan fisik dapat memperburuk varisesnya. Tapi olahraga yang tepat sebenarnya dapat meningkatkan sirkulasi darah melalui kaki, yang membantu mencegah dan mengurangi varises.

Setiap olahraga yang melibatkan kaki baik untuk mencegah spider veins (pembuluh vena laba-laba, sejenis varises), yang terbaik dan paling efektif adalah melatih otot-otot betis yang lebih rendah. Varises adalah urat pada dinding yang lemah sehingga menyebabkan tonjolan di atas permukaan kulit.

Melakukan olahraga renang, berjalan, bersepeda, jogging, aerobik dengan teratur dapat mencegah varises. Dan jika sudah terlanjur memiliki varises, latihan kaki sedang dapat membantu meringankan dan mengurangi sakit pada kaki karena varises.

Seperti dilansir dari GeniusBeauty, Minggu (18/4/2010), latihan berikut dapat meningkatkan kekuatan kaki dan otot, membantu meningkatkan sirkulasi, serta membantu mencegah dan mengurangi varises, yaitu:

1. Peregangan betis
Untuk melakukan ini diperlukan tangga aerobik, bangku pendek atau sesuatu yang stabil, tinggi dan kuat. Berdiri di tangga dengan kedua kaki. Tumit harus diperpanjang ke ujung tangga.

Naikkan badan dengan menggunakan jari-jari kaki dan kemudian turunkan tumit ke bawah tangga. Lakukan latihan ini dekat dinding untuk menjaga keseimbangan. Lakukan sekitar 40 kali, dan dengan latihan ini dapat meregangkan otot betis belakang.

2. Mengayuh
Berbaringlah di atas lantai dengan punggung, tangan ke samping atau di bawah pantat. Angkat kaki dan kayuhlah, seolah-olah sedang naik sepeda. Jika Anda memegang kaki lebih rendah, latihan ini juga bekerja pada perut.

3. Jinjit
Berjalan di atas ujung jari kaki alias jinjit ketika sedang bekerja di rumah. Latihan ini dapat meregangkan betis.

4. Berjalan dengan tumit
Latihan ini juga sederhana dan dapat dilakukan di rumah sambil bersih-bersih. Latihan ini lebih efektif untuk kekuatan otot betis.

5. Mengangkat kaki
Berbaring di lantai dengan punggung, tangan ke samping atau di bawah pantat. Tekan punggung bawah dan pantat ke lantai. Angkat satu kaki lurus ke atas dan tahan satu kaki tetap di lantai, membentuk sudut tegak lurus. Ulangi dengan menukar posisi kaki yang lain. Latihan ini dapat meningkatkan sirkulasi di kaki.


6. Lutut membungkuk
Berbaring di lantai dengan punggung. Tarik satu lutut ke dada, dan yang satunya tetap di lantai. Sementara tetap dengan posisi ini, lenturkan kaki. Semua gerakan harus dilakukan perlahan dan tegas. Kemudian tukar posisi dengan kaki yang lain. latihan ini membuat seluruh otot-otot kaki bekerja.

7. Istirahat setelah latihan
Dianjurkan untuk meninggikan kaki sekitar 15 hingga 30 cm di atas jantung setelah melakukan latihan ini atau latihan-latihan kaki yang lain, khususnya yang melibatkan otot-otot besar tubuh bagian bawah.

Terlepas dari latihan, bila sering bepergian atau berdiri untuk jangka waktu yang lama, lakukanlah teknik pengistirahatan ini untuk mencegah dan mengurangi varises. Atau dapat dengan cara berbaring di lantai dengan pantat hampir menyentuh dinding. Hal ini dapat mengistirahatkan kaki.



Related Post:

0 comments:

Post a Comment

Please,Leave your best comment,thank you

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...