KOMPAS.com — Seorang teman merasa tidak cocok dengan atasannya. Ia mengatakan, atasannya sering tidak merespek dirinya, misalnya, memarahinya di depan umum. Hubungan atasan-bawahan terasa tidak harmonis. Namun, tidak satu pun di antara kedua belah pihak merasa bahwa ada yang salah dalam hubungan kerja mereka. Padahal, hubungan atasan-bawahan tersebut sudah berjalan dalam jangka waktu yang cukup lama. Hanya saja, tidak terasa adanya kata sepakat atau tepatnya kemesraan di antara mereka. Apakah kedua eksekutif ini berbeda persepsi, atau apakah mereka memang tidak mempunyai chemistry?

Sedikit-banyak, hubungan yang tidak mesra antara atasan-bawahan pastilah akan memengaruhi kinerja, juga ownership terhadap tugas dan tim. Lalu, siapakah yang bertanggung jawab untuk menjaga kemesraan?
Banyak orang sering menafsirkan bahwa bawahan perlu menerka keinginan atasan. Demi mendapatkan nama baik di depan atasan, ada yang mengatakan bahwa bawahan harus datang lebih awal dari jam kerja atasan, juga pulang lebih belakangan dari atasan. Ada yang berpendapat, sebagai bawahan kita perlu menyampaikan berita yang baik-baik saja dan tidak menyampaikan kabar buruk ke atasan. Sebab, menyampaikan kabar buruk malahan bisa merusak hubungan baik, the messenger get killed.
Banyak juga yang berlindung di balik birokrasi, misalnya tidak mendahului, mematuhi aturan alur komunikasi yang sangat baku, dan hanya berbicara dengan atasan ketika atasan seolah-olah menghendaki situasi komunikasi tersebut.
Sebaliknya, teman kerja yang berhasil mempunyai hubungan "dekat" dengan atasan sering dituduh sebagai pembisik, pencari muka, dan dinilai tidak etis dalam melaksanakan hubungan kerja. Benarkah itu? Apakah hubungan ke atasan, leading-up, demikian rumitnya?



Profesionalitas "leading-up"
Seorang teman meyakini faham a good leader is a good follower. Ia mengatakan bahwa individu di mana pun ia bekerja, dengan siapa dan untuk atasan mana pun, haruslah mengembangkan sense of duty. Bila kita menyadari bahwa kita tidak bisa punya pilihan lain kecuali menjalankan tugas, biasanya kita akan terlihat oleh atasan sebagai orang yang patuh pada misi dan visi perusahaan. Tugas kitalah untuk melaporkan kabar baik ataupun kabar buruk. Tugas kitalah untuk berpikir keras mencari solusi. Tugas kitalah untuk berinisiatif, berkreasi, dan berinovasi. Tugas kita jugalah untuk menginisiasi pembicaraan, memahami apa yang diinstruksikan, disampaikan, bahkan dirasakan atasan.

Dengan menyadari misi dalam pekerjaan, proses leading-up menjadi lebih mudah. Bahkan bila kemudian terlihat perbedaan cara kerja, pendapat, dan persepsi, akan lebih mudah menyelesaikannya dengan komunikasi yang intensif. Teman lain yang bekerja di angkatan bersenjata pun setuju bahwa dalam ketentaraan yang birokrasinya sangat kental pun ada pembicaraan diskusi dan debat yang intensif antara atasan-bawahan yang perlu terjadi di luar suasana briefing. Intinya, sikap patuh akan menyamakan dan menyelaraskan tujuan masing-masing individu yang mengerti akan tujuan perusahaan.

Seorang ahli manajemen mengatakan bahwa justru bawahan yang merasa comfortable dengan atasan yang seperti apa pun biasanya adalah orang yang berintegritas dan berwibawa. Bahkan kalau sampai ada kejadian di mana seorang atasan "salah jalan" sekalipun, seorang bawahan yang berpegang teguh pada misi perusahaan, profesi, dan pribadi pasti bisa memutuskan bagaimana bersikap yang seharusnya. Tidak perlu ragu apakah ia perlu menjadi whistle blower alias pembuka rahasia, atau si penurut yang tidak berani berpendapat. Bawahan yang kuat menjaga prinsip dan berpegang pada misi perusahaan biasanya tidak akan kehilangan respek, baik dari bawahannya maupun dari atasannya, karena pada dasarnya sikap ini memancarkan karisma dan kepemimpinan tersendiri.

"Followership" yang dinamis dan pemberani
Dalam keadaan ekonomi dan perkembangannya yang menuntut lebih sedikit manusia, lebih keras upaya, dan lebih besar hasil, mengelola hubungan dengan atasan atau managing up menjadi sangat penting. Bukan untuk membuat diri kita aman dan tidak di-PHK, melainkan justru untuk kelincahan memainkan peran dan kinerja sesuai dengan kehendak perusahaan. Seorang ahli manajemen mengatakan: "Stretch yourself. You need to go above and beyond the tasks assigned to you so that you can enhance your manager's work".

Pada intinya, managing up adalah kemampuan seseorang untuk memudahkan pekerjaan atasan. Tentunya dalam hal ini kita perlu mengupayakan kemampuan kita untuk mengendus dan menerka kapan atasan lebih memerlukan kita dan informasi apa yang ia butuhkan.
Seorang teman yang sangat nyaman dengan posisinya sebagai asisten atasannya menyampaikan rahasia me-manage ke atas: "Pertama-tama kita perlu tahu bagaimana berpendapat, berbicara, dan berargumentasi seperti atasan kita. Sebaliknya, kita pun perlu meneriakkan pendapat profesional kita sendiri, dan bahkan menunjukkan bahwa semua tindakan kita adalah insiatif kita sendiri. Begitu kita merasa sekadar 'orang suruhan', maka kita terancam menjadi bawahan yang tidak berkinerja." Manajemen ke atas yang banyak didominasi dengan manajemen informasi dan trust membuat kegiatan berpolitik kantor hampir-hampir tidak diperlukan lagi.
(Eileen Rachman/Sylvina Savitri, EXPERD Consultant)



Related Post:

0 comments:

Post a Comment

Please,Leave your best comment,thank you

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...