JAKARTA, KOMPAS.com - Penetrasi akses internet melalui ponsel kian menjadi-jadi. Yang untung tentu saja para developer aplikasi dan toko-toko aplikasi. Salah satunya adalah GetJar yang selama ini dikenal sebagai independent application store. Dalam sehari, rata-rata toko ini meraih angka sampai tiga juta unduhan. Pencapaian ini meletakkan GetJar sebagai toko aplikasi nomor dua di bawah Apple iTunes yang menembus angka satu milyar.
Menurut Ilja Laurs, CEO sekaligus pendiri toko aplikasi GetJar, kenaikan ini sungguh sangat signifikan. Jika dibandingkan tahun silam mengalami kenaikan hingga 300 persen. Ada empat kawasan yang memberikan kontribusi terhadap pengunduhan tersebut. Antara lain Amerika Utara, Eropa Barat, Afrika Selatan, dan tentu saja Asia.

Masing-masing kawasan tentu saja memiliki kekhasan terhadap kebutuhan aplikasi yang diunduh. Kata Laurs, seperti di Eropa, kebanyakan pengunduh suka dengan aplikasi-aplikasi hiburan. "Kalau di Timur Tengah lebih banyak tentang keagamaan," tandasnya.
Bagaimana dengan aplikasi-aplikasi Android?
GetJar sendiri baru belakangan ini menawarkan aplikasi dengan sistem operasi Android. Meski baru, pertumbuhannya cukup menggembirakan.
Sementara itu, menurut catatan GetJar, ada 10 aplikasi yang menduduki top rank. Aplikasi tersebut antara lain (berdasarkan rangking tertinggi); Facebook Mobile, eBuddy Messenger, Nimbuzz, mig33,  Mini Browser Opera, Yahoo! Mobile, Google, Yahoo! Mail, Browser Bitstream Bolt, dan terakhir YouTube.
GetJar boleh jadi contoh bagaimana komitmen terhadap bisnis aplikasi ataupun solusi yang tak susah dibuat oleh developer lokal.



Related Post:

0 comments:

Post a Comment

Please,Leave your best comment,thank you

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...