Berbeda dengan PDA, ponsel pintar alias smart phone tidak disertai dengan aplikasi perkantoran. Padahal sebenarnya kemampuan ponsel pintar masa kini sudah cukup memadai untuk mengolah file-file dokumen perkantoran.

Dengan aplikasi Office Suite dari Mobi Systems, Anda dapat membuat ponsel Anda mampu mengolah dokumen Office. Dokumen Office yang didukung bukan Word saja, tapi juga file Excel dan Power Point.

Seperti biasa, untuk meng-instal aplikasi ini, Anda perlu mengunduhnya dari situs sang vendor di http://www.mobisystems.com/product.html?p=3&l=1&pid=24&i=12. Salin file instalasi hasil unduhan ke memori ponsel untuk memulai proses instalasi. Di ponsel, pilihlah menu Settings > Tools > Manager untuk menjalankan Applications Manager. Pilih Install dari daftar aplikasi.

Mampu Buka Office 2007
Beberapa fitur yang tersedia di pengolah kata Mobi Systems, yaitu ketersediaan dukungan beragam jenis font seperti di Microsoft Word versi PC. Tersedia pula dukungan spelling dan auto complete untuk dokumen-dokumen yang diketikkan dalam bahasa Inggris, Jerman, Spanyol, Perancis dan bahasa Belanda. Di samping itu, Anda juga bisa melindungi dokumen Word dengan password layaknya di Microsoft Office melalui menu Options > File > Protect.
Bicara soal fasilitas pemformatan standar, jangan anggap sepele aplikasi ini. Ia tak hanya bisa main bold, italic, underline. Tapi juga bisa melakukan pemformatan lebih lanjut terhadap tabel, gambar, bullet/numbering dan hyperlink. Untuk menjaga dokumen dari kemungkinan salah format, tersedia fasilitas untuk mengembalikan dokumen ke format aslinya.
Sebagai aplikasi pengolah kata, Office Suite memiliki fitur pencarian yang memudahkan Anda untuk menemukan kata atau bagian dari kata dalam sebuah dokumen. Anda bisa menggunakan fitur ini di menu Options > Search > Find dan ketikkan kata-kata yang ingin Anda cari. Gunakan fitur Replace untuk mengganti setiap kata yang ditemukan. Anda juga bisa menggunakan shortcut keypad dengan angka 3 dan 6 untuk mengakses Find dan Find Next.
Yang menarik Mobi Systems Office Suite tidak hanya bisa menyunting format teks standar berformat DOC, RTF dan TXT, tapi juga membuka dokumen berformat DOCX standar Microsoft Office 2007. Selain itu, Mobi Systems Doc punya format file sendiri yang berekstensi MWD. Jadi Anda bisa lebih leluasa mengakses berbagai format file dokumen.

Pengolah Spreadsheet
Pengolah spreadsheet, atau Excel Manager di Mobi Systems Office Suite mendukung file berformat XLS, XML, XLSX dan CSV. Anda juga bisa berganti format file dengan cara:
1. Buka file Excel.
2. Pilih menu Options > File > Save As.
3. Tentukan nama file baru beserta formatnya diikuti dengan menekan tombol OK.

Dengan aplikasi spreadsheet ini Anda bisa mengkalkulasi, menganalisa dan melihat data secara mudah, dan cepat dari mana saja.

Dukungan berbagai jenis font, format, warna, seperti di versi Word tersedia juga di editor spreadsheet. Selain format-format tampilan standar, Anda bisa mengatur format angka, apakah itu angka biasa dalam bentuk desimal, float, mata uang, tanggal, jam, persentase ataukah teks. Perlindungan pemformatan dan password juga tersedia di file-file Excel. Untuk mencegah kesalahan ketik dan perhitungan, tersedia fasilitas Undo dan Redo tertanam di aplikasi.
Kemampuan perhitungannya tak perlu diragukan. Di dalam spreadsheet tersedia fungsi untuk mempermudah fungsi SUM. Di samping itu tersedia lebih dari 100 fungsi yang umum tersedia di Excel. Jangan takut lupa akan formula-formula Excel. Di menu Options > Insert > Function, terdapat beragam format formula beserta contoh pengisiannya. Dengan demikian, tingkat akurasi data Anda akan tetap terjaga.
Untuk memudahkan Anda melihat data di Excel, tentunya Anda perlu mengatur tampilan, termasuk selnya. Anda bisa menyembunyikan sel-sel yang tidak perlu dengan memilih beberapa blok baris atau kolom yang tidak digunakan lalu pilih Options > Format > Hide. DI kemudian hari Anda dapat membukanya kembali melalui menu Options > Format > Unhide.

Agar kolom-kolm penting tetap dapat terbaca, Anda dapat mengatur lebarnya kolom melalui menu Options > Adjust Column Width. Setelah itu gunakan tombol panah di keypad untuk menggerakkan kursor lebar sel. Selanjutnya, agar sel-sel penting terkunci di layar gunakan fitur Freeze. Menu ini dapat diakses melalui Options > Format > Freeze setelah Anda memilih area yang akan dikunci. Kalau data masih belum terlihat jelas juga, coba gunakan fungsi Zoom. Fasilitas ini mampu untuk menzoom isi dokumen dari 25% hingga 200%.
Tidak hanya itu kemampuan Mobi Systems Office Suite. Dari dalam aplikasi Excel Anda juga bisa membuat grafik juga loh! Keren khan?! Nggak kalah dengan Microsoft Excel di PC ataupun PDA.

Presentasi pun Oke
Persiapan presentasi tidak melulu membutuhkan sebuah notebook. Dengan Mobi Systems Office Suite di ponsel Symbian pun Anda dapat menyiapkan presentasi. Aplikasi ini mendukung format file Power Point berekstensi PPT dan PPS.

Tersedia beberapa opsi untuk menampilkan isipresentasi, yaitu dalam mode slide view, slide show dan notes. Anda bisa menampilkan presentasi tersebut dalam mode landscape atau portrait. Bila teks tak terbaca dalam semua mode, Anda dapat mengaktifkan Fullscreen mode.

“Power Point” versi Mobi Systems mendukung true type font, gambar dan grafik. Satu kekurangan dari aplikasi ini yaitu tidak tersedianya dukungan format file Power Point 2007 yang biasa menggunakan ekstensi PPTX.

Sebagai suatu Suite, aplikasi Office keluaran Mobi Systems ini menjadikan semua aplikasi perkantoran dalam satu paket. Di dalamnya ada Office Suite File Explorer untuk semua format Office agar Anda dapat dengan lebih mudah mengelola dokumen-dokumen. Dari situ Anda daat mengirimkan dokumen sebagai attachment, ataupun memanfaatkan bluetooth, infra merah, dan kabel data sebagai perantaranya.

Cara penggunaan Office Suite tidak jauh berbeda dengan Windows Explorer. Pada dasarnya ini adalah fasilitas file manager biasa yang dikemas dalam versi mini untuk dokumen Office. Jenis operasi yang tersedia juga standar, seperti Open, Delete, Find, Rename, New, dan sejenisnya.

Pada versi Trial, Mobi System Office Suite dapat dioperasikan dalam dua mode: View Mode dan Edit Mode. Di mode View Anda dapat membuka dan membaca dokumen tanpa batasan apapun dan di mode Edit Anda hanya diperbolehkan memodifikasi dokumen sampai 30 hari. Untuk menggunakan versi penuh aplikasi ini, Anda harus menebusnya sebesar US$ 39,99.

sumber: Sinyal



Related Post:

0 comments:

Post a Comment

Please,Leave your best comment,thank you

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...