Jika Anda punya laptop dengan baterai benar-benar tua yang hanya mampu hidup dalam beberapa menit setelah muatan penuh, tidak banyak yang dapat anda lakukan untuk membuat baterai anda bertahan lebih lama lagi.Anda mungkin harus mengganti baterai sebelum anda melakukannya hal lain.Tips-tips berikut ini mungki dapat membantu anda menjaga baterai anda bekerja pada puncak efisiensi.

Apa kegunaan baterai Anda?



What Drains Your Battery?Untuk membantu memaksimalkan hidup baterai anda, penting untuk pertama memahami daya apa yang mengalir dari baterai ke laptop anda, dan di laptop jaman sekarangi panel LCD adalah penyebab terbesar sejauh ini.Blog Microsoft Windows 7 membantu menunjukkan dengan tepat  persentase masing-masing komponen yang akan menguras baterai laptop anda, yang membantu kita untuk tahu bagaimana memaksimalkan masa pakai baterai. Perlu diingat bahwa gambar graphic diatas tidak menunjukkan adanya dd-on perangkat seperti flash drive, mouse USB, dan terutama PC Card-yang akan menguras baterai anda dengan sangat cepat. Jika anda punya hard drive unpowered terhubung ke laptop melalui port USB, itu akan menguras baterai anda lebih cepat.

Anda Tweak Power Rencana Pengaturan

Hal pertama yang akan anda harus lakukan adalah memastikan bahwa anda telah menyetting baterai plan anda pada penggunaan yang nomal(lihat gambar diatas). Pilih Penghemat daya atau rencana Balanced, dan pastikan itu ditetapkan untuk menonaktifkan tampilan cepat setelah tidak aktif, karena itulah kekuatan terbesar drain.
 Berikutnya, lanjut ke pengaturan Advanced Power Plan, dan pastikan bahwa pengaturan baterai diset untuk dapat mematikan hard disk dengan cepat, menggunakan mode daya rendah untuk  adaptor nirkabel, prosesor, dan terutama kartu grafis anda. Pengaturan Sistem pendingin memungkinkan anda untuk menentukan apakah laptop akan bergantung pada fans untuk pendinginan, atau memperlambat kinerja prosesor  saat suhu naik, semua itu akan dapat membantu hidup baterai anda lebih lama.


Karena kita sudah tahu bahwa layar LCD adalah pengguna terbesar pada kehidupan baterai Laptop anda, maka cara tercepat untuk menghemat baterai  adalah dengan menggunakan tombol hardware laptop untuk mengendalikan kecerahan layar laptop dengan menekan tombol fungsi ( tombol brightnes), ataupun memutarnya ke bawah sejauh yang anda bisa (asal masih bisa terlihat) adalah ide yang baik.  Ini mungkin tampak seperti sebuah pilihan yang biasa, tapi tak ada salahnya menempatkan tips ini pada bagian prioritas.  
Perubahan satu saja yang anda sudah lakukan dari langkah diatas  secara dramatis akan dapat meningkatkan daya pakai baterai laptop anda.

Pastikan bahwa rencana daya baterai anda diatur untuk menonaktifkan layar laptop anda dengan cepat disaat idle, dan tidak menggunakan screensaver yang melebihi kemampuan grafis dari laptop anda.  

Optimalkan Hardware Anda untuk Konsumsi Daya

 

 Apakah laptop nda memiliki adapter Bluetooth , IR,Wi-Fi?Masing-masing perangkat mengkonsumsi daya apabila diaktifkan, dan jika anda tidak menggunakanya ,andapun akan menyimpan sedikit daya baterai laptop anda.
Jika Anda menggunakan laptop di pesawat, kereta, atau di suatu tempat tanpa hotspot nirkabel, gunakan tombol hardware untuk menonaktifkan Wi-Fi adapter atau menonaktifkanya secara manual di Control Panel.
Cobalah untuk menghindari menggunakan adaptor PC Card, karena mereka dapat menguras baterai dengan cepat, demikian juga dengan perangkat USB anda,kalu perlu anda matikan juga.sistem pengaturan dapat anda temukan device manager's Power Management property panel .

Anda juga perlu memastikan bahwa laptop anda memiliki cukup RAM-kalau Windows harus terus thrash disk karena Anda tidak memiliki cukup RAM untuk menyimpan segala sesuatu dalam memori, Anda harus mempertimbangkan upgrade RAM anda atau jalankan aplikasi lebih sedikit sekaligus .



Kill Background Processes and Services

proses sistem Runaway dapat melakukan lebih dari sekedar membunuh kinerja PC anda-namun mereka juga dapat membunuh baterai anda. Pastikan bahwa anda menutup aplikasi background apapun yang tidak perlu dan nonaktifkan updaters otomatis, scheduled tasks, dan terutama indeks pencarian. Nonaktifkan atau hapus aplikasi yang berjalan di system tray anda dan pastikan bahwa anda tidak benar-benar membutuhkan Ini bukan hanya baik untuk hidup baterai aptop anda., namun juga langakah yang baik secara umum.
Jika anda ingin cara yang lebih mudah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan pengaturan, Anda dapat menggunakan Aerofoil,yang akan  membantu anda secara otomatis menonaktifkan Aero Glass, switch between power plans, nonaktifkan suara, dan bahkan menonaktifkan sidebar, semua dengan mudah dengan ikon kecil yang berada di system tray.
  

Gunakan Hibernate Mode Ketika Kemungkinan

 Menggunakan mode Hibernate memungkinkan laptop anda untuk sepenuhnya mematikan dan menggunakan daya nol, jadi meskipun anda tidak akan menggunakan laptop untuk satu jam atau lebih, modus Hibernate (bukan mode sleep),masih bisa menjaga semuanya dalam memori.  

Jika anda menggunakan modus Hibernate, tidak ada yang bisa membangunkan laptop selain tombol power


Merawat baterai Anda dengan Menghindari Panas

 Laptop baterai selalu akan perlahan-lahan kehilangan kemampuan mereka untuk mengisi sepanjang waktu, tetapi ketika laptop terus-menerus panas atau digunakan dalam lingkungan yang sangat panas, baterai Anda akan sangat cepat mati
Laptop saat ini menggunakan baterai Lithium bukan nikel, tapi ada banyak informasi yang salah di luar sana tentang bagaimana untuk mengisi atau menguras baterai anda, baterai Nikel   sepenuhnya dikeringkan sebelum mengisi ulang untuk mengoptimalkan hidup baterai anda, tapi baterai Lithium-berlawanan ,Anda tidak perlu sepenuhnya mengosongkanya sebelum pengisian, namun pada kenyataannya, jika Anda benar-benar menguras baterai lithium dan tidak mengisi ulang untuk sementara waktu, malah dapat menjadi tidak mampu menyimpan muatan/daya.
Meskipun baterai lithium anda terisi penuh sepanjang waktu, baterai anda akan tetap kehilangan hingga 20% dari kapasitas  setiap tahun, tidak peduli apa yang anda lakukan .Pastikan untuk tidak sering discharge baterai, dan jika anda menghabiskan sebagian besar waktu baterai anda terpasang di komputer, jalankan baterai sampai ke level bawah dari setengah kemudian isilah ulang,atau apabila ingin menyimpanya, keluarkan baterai dan menyimpannya di tempat yang dingin.(sumber LifeHacker)



Related Post:

0 comments:

Post a Comment

Please,Leave your best comment,thank you

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...