NEW YORK - Wikipedia sering disebut sebagai ensiklopedia bebas, hal tersebut yang menyebabkan situs menyebabkan informasi di situs ini tidak dipercaya 100 persen.
Akan tetapi sebuah survei menyebutkan, kalau informasi di Wikipedia jauh lebih akurat ketimbang lainnya.
Dari sebuah kesimpulan dikatakan informasi kanker dalam Wikipedia memiliki kelengkapan dan keakuratan yang sama dengan informasi yang ada di dalam situs kanker, seperti National Cancer Institute's Physician Data Query (PDQ). Tapi memang, di situs tersebut ditulis dengan bahasa sederhana dan mudah dimengerti. Tidak seperti Wikipedia yang membosankan.
"Kami bisa memastikan, jarang sekali ditemukan kekeliruan pada Wikipedia. Tapi cara penyampaian informasi di PDQ jauh lebih mudah bagi pasien," tegas Aacov Lawrence, asisten profesor Radiation Oncology di Jefferson Medical College di Thomas Jefferson University, seperti yang dilansir Live Science, Kamis (3/6/2010).
Survei tersebut menemukan kesimpulan hanya 2 persen informasi di Wikipedia yang tidak akurat dari apa yang dimuat dalam buku teks. Tak ada perbedaan kedalaman maupun cakupan dari kedua situs itu.
Kedua situs itu sama-sama tidak terlalu dalam membahas aspek kontroversial penanganan kanker. Namun informasi PDQ ditulis pada tingkat yang dapat dipahami bagi siswa SMP, sedangkan Wikipedia ditulis untuk level yang cocok bagi mahasiswa.



Related Post:

0 comments:

Post a Comment

Please,Leave your best comment,thank you

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...