bandwidth
The amount of information that one can send through a connection, measures in bits-per-second (Bps). A standard page of English text contains about 16,000 bits.




Cybersquatting

Kegiatan yang dilakukan dalam pembelian suatu domain di internet, dimana domain tersebut memiliki penulisan mirip dengan nama perusahaan, nama orang, nama produk dan lain lain. Kemudian sang pembeli domain tersebut menjualnya dengan harga tinggi kepada mereka yang berkaitan dengan nama domain tersebut.




Crash
Suatu keadaan dimana computer berhenti bekerja, karena kondisi yang tidak bisa dihandle oleh komputer itu sendiri.

Cracker
Terjemahan bebas: pembobol. Orang yang mampu menembus kode dank ode kunci (password) serta memecahkan sistem security tanpa izin atau secara tak beretika.


Coding
Tahapan menterjemahkan data atau pemecahan masalah yang telah dirancang ke dalam bahasa pemrograman komputer yang telah ditentukan.


Codec

Merupakan sistem pengkodean untuk transmisi digital.


Clip Art
Ganbar foto dalam bentuk digital, biasanya yang telah disediakan oleh sistem yang digunakan. Namun demikian, clip art ini juga bisa diimport dari dokumen lain yang sejenis dan disuport oleh sistem tersebut.


Client Server
Model jaringan yang memisahkan secara jelas, mana yang dapat memberikan layanan jaringan (server) dan mana yang hanya menerima layanan (client).

Client

Di dalam komputer jaringan, merupakan komputer yang memanfaatkan sumber daya dalam jaringan yang disediakan oleh computer lainnya, yang disebut server. Juga merupakan sebuah aplikasi atau proses yang meminta pelayanan dari komponen atau proses lainnya. Adanya client ini, memudahkan koneksi ke komputer server dan mengatur serta menjaga hubungan dari sumber daya lainnya.


Cisco Sytsem

Nama produk yang diproduksi oleh Cisco System Inc. Perusahaan pembuat berbagai jenis perangkat jaringan dan networking seperti router, gateway dan lain sebagainya.


Chipset

Kumpulan mikrochip yang berada dalam bus PCI (Peripheral Component Interconnet) dan ISA (Industry Standard Architechture) berkomunikasi tanpa melibatkan CPU. Perangkat ini dapat berdiri sendiri tanpa membebani prosesor di dalam CPU, sehingga prosesor bisa melakukan tugas-tugas lain. Chipset PC dapat menjadi penghubung elektronik semua subsistem.


Chatting
Percakapan interaktif antar sesama pengguna komputer yang terhubung dalam suatu jaringan.


Chat Room

Ruang untuk berdiskusi secara online umumnya dengan modus teks.


Central Processing Unit

Unit Pusat Pemrosesan. Biasanya disebut juga dengan otak dari komputer itu sendiri. CPU juga dikenal sebagai pemroses atau mikroprosesor. Umumnya CPU diartikan sebagai kotak dimana seluruh peripheral dirangkai. Namun dalam pengertian teknis, CPU merujuk kepada prosesor yang terpasang dalam sebuah sistem komputer.


Cellular
Di dalam bidang telekomunikasi, istilah ini diartikan pembagian daerah berdasarkan jangkauan sinyal dari stasiun pemancar ke pesawat penerima. Misalnya dalam teknologi komunikasi bergerak (handphone), bagaimana suatu daerah atau kota dapat dijangkau berdasarkan daya pancar sinyal yang ada pada Base Transceiver Station (BTS).


CDMA
Singkatan dari Code Division Multiple Access.


CD-RW
Singkatan dari Compact Disk-Recordable and reWritable.


CD-ROM

Singkatan dari Compact Disk Read Only Memory.


CD-R
Singkatan dari CD Recordable, sedangkan alat untuk perekamnya disebut dengan Recordable Drive.


CD-Player
CD-Player merupakan suatu bentuk alat pemutar CD yang hanya bias membaca dan memainkan CD audio (CD musik).


CD ROM Drive

CD ROM Drive digunakan untuk membaca compact disk dalam bentuk audio atau CD-ROM. CD-ROM keluaran terbaru dapat membaca CD-R (CD yang dapat ditulis) dan juga CD-RW (CD yang dapat ditulis berulang-ulang).


CD Drive
Penggerak CD. Suatu drive untuk merekam atau memainkan CD. Yang paling sering dijumpai adalah CD-ROM (CD Read Only Memory) MO (Magneto-optical dan WORM (Write Once, Read Many)

CD
Singkatan dari Carrier Detect
Singkatan dari Compact Disk
Singkatan dari perintah Change Directory


Casing
Kotak komputer yang berisi prosesor, motherboard dan peripheral lainnya. Wadah ini digunakan sebagai tempat untuk melindungi motherboard, control board, power supply disk drive dan komponen-komponen lainya.

Cartridge

Perangkat yang bisa dibongkar pasang dan bisa diganti ganti dengan alasan tertentu. Contoh cartridge ini adalah kaset, atau tempat tinta pada printer sebagai media penyimpan tinta.

Card slot
Celah untuk menggesekkan atau menempatkan kartu yang memiliki data sehingga data bisa yang ada pada kartu tersebut bisa dibaca oleh pembaca kartu (card reader). Jika kartu yang dimaksud adalah untuk membaca data, maka data yang ada pada kartu tersebut setelah dibaca dikirimkan ke komputer.

Card reader
Pembaca kartu, perangkat ini mempunyai kemampuan untuk membaca data dari suatu jenis kartu dan mengirimkannya ke komputer.

Caption

Dalam lingkungan pengolah kata MS-Word, perintah ini digunakan untuk menambakan keterangan pada sebuah gambar, tabel, atau obyek lainnya.

Caps lock

Tombol pada keyboard untuk setting huruf yang diolah apakah kapital (huruf besar) atau non kapital (huruf kecil).

C:
Biasanya merupakan huruf penunjuk bagi harddisk master pertama yang juga merupakan lokasi dari sistem operasi yang berbasis DOS atau Windows.

C++
Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan dari bahasa C oleh Bjarne Stroustup dengan menambahkan kemampuan object oriented . Saat ini merupakan salah satu bahasa pemrograman popular yang digunakan untuk membuat aplikasi grafis untuk system operasi Windows dan Machintosh.

Drive

Penggerak bagian mekanikal suatu peranti. Misalnya untuk penggerak disket, CDROM, Pita Magnetik, dsb.

Drag and Drop

Teknik untuk memindahkan item-item tertentu seperti ikon dan file di layar monitor Anda dengan menggunakan mouse. Untuk proses ini hanya diklik dimana item yang akan dipindahkan, lalu menyeretnya ke tempat yang kita inginkan.


Drag
Tarikan, menyeret. Pada mouse: menyeret mouse sambil mengklik. Menggeser atau menarik sebuah objek pada posisi pointer yang ditampilkan pada layar monitor dengan menggunakan pointing device.

Downstream
Istilah yang merujuk pada kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari upstream.

Download
Mencari data dari server secara remote. Mengambil file atau mentransfer file dari satu komputer ke komputer lain.


Dot matrix

Matriks titik. Suatu teknologi pencetakan yang menggunakan titik sebagai pembentuk citra.

Domain name service
Sistem database terdistribusi yang tidak akan banyak terpengaruh oleh bertambahnya database.

Domain name

Satu nama yang ditujukan untuk domain. Sebuah nama yang bertindak sebagai kunci yang dipergunakan oleh client NIS untuk dapat mencari server NIS yang sesuai dengan nama domainnya.

Domain

Satuan organisasi dengan tanggung jawab administrasi untuk penamaan jaringan atau host. Nama unik untuk memastikan alamat di halaman web di internet. Domain ini terdiri dari dua atau lebih bagian yang dipisahkan oleh titik. Contohnya, mail.yahoo.com.

Disk Hardware

Hardware bernama disk selalu diatur dalam silinder, masing-masing terdiri dari beberapa buah track. Setiap track dibagi menjadi beberapa sektor.

Disk drive
Alat tambahan yang digunakan untuk meletakkan piring magnetik, memutar piringan dan menggerakkan head baca atau tulis pada posisi yang diinginkan ketika mengakses informasi dari dalam disk.

Disk cleaner
Piringan pembersih head pada disk drive.

Disconnect time-out
Batas waktu yang digunakan oleh switched network untuk melakukan pemutusan hubungan komunikasi apabila sebuah stasiun dalam keadaan tidak aktif melebihi batas waktu tersebut.


Disabled
Kondisi peralatan atau item yang dimaksud dalam keadaan tidak berfungsi.

Directory

Atribut dari file yang berupa directory.
Informasi mengenai lokasi dari suatu file. Kebanyakan informasi berkaitan dengan penyimpanan. Direktori ini sebenarnya adalah jenis file, dimiliki sistem operasi dan dapat diakses dengan rutin di sistem operasi dan diangap oleh manusia sebagai suatu tempat penempatan file atau dokumen.

Dir
Merupakan perintah yang bila kita ketikkan maka akan menampilkan isi file atau direktori yang terdapat pada komputer kita. Perintah ini biasa ada pada DOS dan sebagian sistem operasi lainnya.

Digital

Merupakan hasil teknologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 untuk proses informasi yang mudah, cepat dan akurat.

Dial up Connection
Koneksi antara dua komputer menggunakan saluran telepon dan modem. Koneksi dial up merupakan cara yang paling banyak digunakan untuk mengakses internet.

Dial up
Jenis komunikasi data dengan menggunakan modem dan saluran telepon biasa untuk bisa berhubungan antara komputer satu dengan yang lain.

Desktop
Biasanya istilah ini digunakan untuk layar monitor yang dipenuhi dengan ikon-ikon yang mewakili program yang terdapat di dalam komputer.
Salah satu model kemasan komputer yang sengaja dirancang untuk ditempatkan di atas meja.

Defrag
Mengkompilasi ulang atau mengatur isi harddisk sebuah komputer untuk mengoptimalkan kinerja komputer tersebut.

Default

Kegagalan, kelalaian. Default ini sering dipersiapkan terhadap suatu nilai atau variable, misalnya jika tidak disebutkan dimana lokasi suatu file, maka pencarian dilakukan pada direktori kerja. Pencarian pada direktori kerja ini dianggap sebagai satu nilai default.

Decryption
Mengubah kembali hasil enkripsi ke bentuk aslinya sehingga informasi tersebut dapat dibaca.

Decript
Dekrip. Pengembalian informasi yang digunakan dengan layanan tanpa koneksi.


Decode
Pembacaan sandi. Adalah suatu metode pembacaan suatu data yang telah dikirimkan dalam bentuk sandi, kemudian diterjemahkan kembali dalam bentuk data aslinya.

Debug
Melacak, merunut program. Tujuannya adalah untuk mencari kesalahan dari suatu program.

dBase
Software pengolah database. Software buatan Ashton Tate. Dengan dBase, pengguna dapat membangun, mengakses, mengolah dan membuat laporan dari file-file buatannya sendiri.

Database
Representasi kumpulan fakta yang saling berhubungan disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Data input

Data yang akan diolah oleh komputer melalui media yang dapat mengirimkan data ke komputer, seperti dari keyboard, card reader, dsb.


Data entry
Proses membacakan atau memasukkan data ke komputer.

External file

File yang tidak langsung diambil oleh browser seperti beberapa format gambar, suara, video dan file program lainnya.

External command
Perintah yang dimuatkan kedalam memori apabila perintah tersebut dipanggil.

Exterior Gateway Protocol
Protokol pada lapis jaring model Open System Interconnection (OSI) yang digunakan gateway untuk saling berkomunikasi dalam autonomus system.Â

Extension
Pengelompokkan jenis file. Extension atau akhiran nama berkas digunakan untuk menandakan isi atau format dari berkas tersebut. Sebagai contoh, GIF menunjukkan berkas image yang menggunakan format GIF.

Export file
Konversi data ke format lain, sehingga data tersebut juga bisa diakses oleh software yang mendukung format yang diinginkan.

Ethernet Cable
Semua kabel media untuk jaringan Ethernet. Contoh Ethernet cable yaitu kabel jenis 10base5, UT/STP

Ethernet address
Alamat dari Ethernet yang disusun dalam format 6 byte. Setiap device di dalam jaringan memiliki ethernet addressnya sendiri dan akan mendengarkan ethernet frame yang ada dalam jaringan, lalu dicocokkan dengan destination address miliknya.

Ethernet
Jaringan lokal untuk transmisi data antar komputer yang terinterkoneksi. Transmisi data dengan Ethernet cukup murah.


Escape key
Disingkat dengan Esc. Tombol pada keyboard yang apabila ditekan akan menghentikan pelaksanaan instruksi yang sedang diproses, dan mengembalikan kontrol ke menu sebelumnya.

Equalizer
Alat untuk memperbaikai kualitas frekuensi yang diterima suatu rangakaian transmisi. Alat ini biasanya dirangakaikan bersama alat transmisi lain.


Entry
Memasukkan, mencatatkan. Data-data masukan yang diberikan atau diketikkan ke dalam program melalui terminal selama berlangsungnya proses eksekusi.

Enter
Tombol pada keyboard yang fungsinya untuk memerintahkan komputer melakukan suatu instruksi, atau sekedar untuk membuat baris berikutnya sekaligus memindahkan kursor ke baris tersebut.Â


End users

Sebutan bagi orang yang hanya mengoperasikan suatu alat atau program yang dibuat oleh pihak lain

End user
Pemakai teknologi infiormasi yang seluruhnya dibawah kontrol unit-unit bisnis dan tidak terlalu dibutuhkan keahlian profesional.

Encryption
Menyandikan, mengkodekan, enkripsi. Encryption atau enkripsi merupakan proses untuk mengubah sebuah pesan (informasi) sehingga tidak dapat dilihat tanpa menggunakan kunci pembuka. Enkripsi adalah cara efektif untuk memperoleh pengamanan data.

Encrypt
Enkrip. Informasi yang diacak dengan menggunakan satu algoritma tertentu.

Encode
Menyandikan suatu kode. Suatu metode untuk melakukan pengkodean ulang terhadap suatu data, sehingga data tersebut apabila dilihat tidak sama seperti aslinya, dengan tanpa merusak informasi di dalamnya. Biasanya digunakan agar data yang dikirimkan tidak bisa diketahui oleh pihak yang tidak berkepentingan.

Enable
Kondisi aktif, ada, diset on.

Emoticon
Simbol yang dibuat dengan keyboard untuk menjelaskan emosi pengguna komputer yang bersangkutan dengan menggunakan lambang-lambang.

Embedded system
Sistem yang menempel di sistem lain. Embedded system merupakan sebuah sistem (rangkaian elektronik) digital yang merupakan bagian dari sebuah sistem yang lebih besar, yang biasanya bukan berupa sistem elektronik.

Embedded software
Perangkat lunak yang digunakan untuk mengotrol suatu proses dalam pabrik dimana perangkat lunak tersebut disimpan dalam ROM (Read Only Memory) komputer.

Embed
Melekatkan, menyimpan. Kemampuan suatu program aplikasi memasukkan data atau obyek dari software lain.

Eject

Adalah perintah untuk mengeluarkan suatu perangkat seperti media penyimpanan (disket, kaset, CD ROM) dari tempatnya.

Editor

Perangkat software atau hardware pengeditan.

Edit

Suatu sistem yang digunakan untuk membaca suatu dokumen, kemudian diperbaiki, dan kemudian disimpan kembali.

E-mail virus
Virus yang dikirimkan sebagai file lampiran pada email, virus baru akan bekerja dan menginfeksi jika kita membuka file attachment tersebut. Sebagian besar adalah virus makro yang menyerang aplikasi Microsoft Word, biasanya file virus tersebut berekstensi .exe. Contohnya seperti worm.explore.exe.

E-mail Address

Alamat email yang memiliki struktur user_id@domain, misalkan jack@febrian.com, dibaca jack yang berada di domain febrian.com.

E-mail

Singkatan dari Electronic Mail. Pesan, biasanya berupa teks, yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet. Sebuah alamat email yang mewakili banyak alamat email sekaligus disebuit sebagai mailing list.

Full screen editing

Kemampuan penyuntingan naskah atau obyek dengan mengarahkan kursor ke sembarang arah di atas layar monitor dan hasil penyuntingan akan disimpan dalam file. Umumnya ditemui pada program aplikasi di bawah sistem operasi Windows.

Front page

Software untuk pengembangan web (program pembantu untuk membuat dokumen HTML) dari Microsoft.

Freenet

Jaringan di internet di bawah National Public Telecomputing Network (NPTN) yang menyediakan layanan jaringan, misalnya email, penyediaan informasi, layanan komunikasi secara interaktif. Layanan tersebut dapat dinikmati pengguna internet secara gratis.


Format

Perintah untuk pengaturan penyusunan data pada disk. Pada DOS merupakan perintah untuk membentuk sektor pada disket atau harddisk sehingga dapat digunakan untuk menyimpan data.
Pengaturan hasil keluaran komputer, meliputi penentuan jumlah baris per halaman, spasi antar baris, batas tulisan, huruf yang dipakai dll.

Form
Satu fasilitas untuk membuat formulir. Formulir ini dapat berupa input-input dalam bentuk berbeda, yang memungkinkan pemakai memasukkan input-input ini lewat browser dan mengajukannya (submit).

Footprint
Istilah dalam satelit untuk daerah yang merupakan jangkauan terhadap sinyal yang dikirimkannya bisa diterima di bumi.

Footnote
Catatan kaki. Catatan yang akan diletakkan di margin bawah pada halaman tertentu saja.


Font

Huruf cetakan. Bentuk, model dan ukuran huruf pada sebuah program atau software.Â


Folding

Sebuah cara untuk mengubah data menjadi format tertentu yang berbeda dengan format sebelumnya.

Floopy disk

Disket. Suatu media penyimpanan data komputer yang removable, terdiri atas sebuah disk plastik yang dilapisi material magnetic dikedua sisinya. Jenis yang paling umum adalah 3,5 inci yang terlindung oleh kotak plastic keras.

Flickering
Suatu kondisi pada layer monitor non flat, dimana tampilan objek terlihat berkelip-kelip. Hal ini menunjukkan mutu monitor yang kurang baik, karena refresh rate monitor tersebut rendah.


Flash memory

Memory chip yang tetap bisa menyimpan data meskipun power sudah dimatikan. Flash memory ini diantaranya digunakan pada kamera digital. Keuntungan kamera yang menggunakan flash memory adalah image tidak hilang emskipun baterai habis.

Flash file system
Sebuah chip memori yang bisa menyimpan isinya tanpa memerlukan tenaga dari power supply. Biasa disebut dengan {flash RAM} atau {flash ROM} chip.


Flash cards

Kartu penyimpanan citra yang ukuran dan tampilannya serupa dengan kartu kredit. Dipakai untuk menyimpan citra dari kamera digital.

Flash
Salah satu jenis program animasi vector yang dikembangkan oleh perusahaan Macromedia Inc untuk digunakan pada halaman web, sehingga dapat ditampilkan di internet. Dengan bantuan plugin tertentu.

Flamming

Flamming adalah mengirim email (posting) yang materinya bisa membuat yang menerima email tersinggung.

Fixed memory
Memory tetap. Adalah memori yang built in, internal dan removable yang memungkinkan untuk menyimpan data sebagai ganti penyimpanan dalam disk atau card.

Firewall
Dinding pembatas. Kombinasi dari hardware maupun software yang memisahkan sebuah network menjadi dua atau lebih bagian untuk alas an keamanan. Satu komputer atau sistem yang mengatur lalu lintas jaringan, baik yang masuk atau keluar, untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.

Finger

Utilitas dari UNIX yang bertugas melaporkan informasi mengenai pengguna lain yang memiliki account UNIX. Finger berupa aplikasi yang menampilkan informasi tentang pengguna tertentu atau semua pengguna yang sedang login pada local system. Yang ditampilkan biasanya nama panjang pengguna, waktu login terakhir, waktu idle, terminal line dan lokasi terminal.

File sharing

Kemampuan suatu jaringan untuk mengijinkan pemakaian file oleh beberapa pengguna pada saat yang bersamaan.

File maintenance

Kegiatan yang bertujuan untuk merawat agar informasi yang ada di dalamnya tetap akurat dan up to date. Teknik pemeliharaan data dengan cara memperbaharui file master berdasarkan pada transaksi yang melibatkan file tersebut.

File header
Beberapa karakter yang terletak pada permulaan suatu file yang tersimpan di dalam disk. File header ini memiliki hubungan dengan nama dan sifat file tersebut.


File format

Format file. Suatu jenis program atau file data. Contohnya, format file citra antara lain JPG, BMP, TIFF, GIF dll.

File

Arsip yang disimpan dalam suatu media, yang terdiri dari kumpulan karakter, dan didokumentasikan dalam bentuk data digital oleh komputer.

Fiber optic cable
Kabel serat optik memiliki kelebihan mampu menyalurkan data dengan kecepatan tinggi, bandwith sangat lebar dan tidak terpengaruh sinyal elektromagnetik.

Fiber optic

Merupakan salah satu media komunikasi data dalam jaringan computer. Suatu sistem optik yang menggunakan gelas kaca atau serat plastik transparan sebagai media penerus cahaya.

Fading
Gangguan saluran transmisi, terutama pada sistem gelombang mikro ketika sinyal-sinyal yang dikirim melalui berbagai jalur ke penerima mengalami perubahan karena kondisi atmosfir.


Facsimile

Disebut juga dengan Fax. Mesin yang mengerjakan proses scan terhadap sebuah halaman hasil cetakan dan mengubahnya menjadi sinyal yang ditransmisikan melalui sebuah saluran telepon menuju ke sebuah mesin penerima fax.



F1, F2, F3
Tombol fungsi. Tombol ini disediakan untuk membantu interaksi antar user dan sistem terhadap interaksi langsung yang tidak diartikan dengan tombol lain.


GSM
Singkatan dari Global System for Mobile Communications.


Greenwich Mean Time
Pembagian waktu berdasarkan garis lintang bumi, dimana titik nolnya terdapat pada kota Greenwich, Inggris, dan dijadikan sebagai acuan untuk standar waktu internasional.


Grayscale
Skala keabu-abuan. Suatu istilah untuk menyebutkan satu citra yang memiliki warna abu-abu, hitam, dan putih. Grayscale menunjukkan jumlah warna (dari abu-abu, hingga hitam putih) yang ada dalam satu citra. Makin besar angka grayscale, citra yang terbentuk makin mendekati kenyataan.


Gray level
Tingkat keabu-abuan. Tingkat kecerahan pixel. Suatu angka yang menunjukkan kecerahan pixel, menunjukkan kecerahannya dari hitam ke putih. Tingkat kecerahan pixel dinyatakan dengan angka dari 0 hingga 255, 0 adalah hitam dan 255 putih.


Graphic
Citra. Meliputi gambar dan pencitraan lain yang dihasilkan computer, berbentuk garis, lengkungan, kurva dan sebagainya. Komputer dapat menghasilkan pencitraan dalam sejumlah pixel, dan printer dot matrix akan mencetak citra atau gambar tersebut dalam sejumlah titik.


GPS
Singkatan dari Global Positioning System.




GPRS
Singkatan dari General Packet Radio Services.



Global Positioning System
Suatu layanan satelit yang menunjuk suatu titik pada koordinat di bumi. Misalnya, lokasi sebuah kapal atau mobil. Akses informasi ini bisa didapatkan dengan melalui sebuah perangkat PC ditambah sebuah card khusus.


Gigahertz
Disingkat dengan GHz. Unit frekuensi yang sebanding dengan satu miliar hertz.


Gigabyte
Suatu istilah untuk menyebutkan suatu citra yang memiliki warna abu-abu, alias hitam dan putih. Greyscale menunjukkan jumlah warna (dari abu-abu, hingga hitam â€" putih) yang ada dalam satu citra.Makin besar angka grayscale, citra yang terbentuk makin mendekati kenyataan.


Giga Byte
Ukuran besaran memory atau disk komputer yang berkisar antara ribuan juta byte (atau seribu megabyte). Angka tepatnya adalah 1.072.741.824 bytes (1024 megabytes).

Giga
Ukuran besaran memory atau disk komputer yang berkisar antara ribuan juta byte (atau seribu mega byte). Angka tepatnya adalah 1.073.741.824 bytes (1024 megabytes).


Geocities
Geocities (http://www.geocities.com) merupakan satu tempat web site yang gratis untuk homepage personal.


Geek-speak
Rangkaian bahasa baru yang menggunakan istilah-istilah berkaitan dengan teknologi ataupun kosakata bahasa teknis.


Gathering data
Menggabungkan sejumlah data seperti pada data collection.


Gateway
Dalam pengertian teknis, istilah ini mengacu pada pengaturan hardware maupun software yang menterjemahkan antara dua protocol yang berbeda. Pengertian lebih umum mengenai istilah ini adalah sebuah mekanisme yang menyediakan akses ke sebuah sistem lain yang terhubung dalam sebuah network.


Game online
Game komputer yang dapat dimainkan oleh multipemain melalui internet. Biasanya disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online atau dapat diakses langsung (mengunjungi halaman web yang bersangkutan) atau melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut.


Game
Permainan. Di dalam dunia teknologi informasi istilah ini digunakan untuk sarana hiburan yang menggunakan perangkat elektronik.


Gallery
Beberapa bentuk atau format penggunaan yang telah disediakan oleh software tertentu.


Hyperlink
Melompat ke dokumen lain. Serangkaian teks atau citra (yang dapat diperoleh dengan mengklik tombol mouse sebelah kiri) yang dapat membawa ke posisi lain dalam suatu dokumen atau ke bagian lain WWW.


Hotspot WiFi
Jangkauan dari jaringan WiFi, digunakan untuk interkoneksi tanpa kabel antar berbagai perangkat, misalnya netbook, PDA, dll.



Hosting
Berasal dari kata host. Komputer yang tergabung dalam jaringan. Memanfaatkan fasilitas yang tersedia dalam suatu komputer yang terhubung dengan jaringan.


Host
Komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan.


Hook
Penyisipan dan penggabungan instruksi tambahan pada suatu program yang sudah ada.


Home page
Halaman muka dari sebuah situ web. Pengertian lainnya adalah halaman default yang diset untuk sebuah browser, halaman ini ditayangkan di Internet melalui media world wide web. Biasa digunakan orang untuk mempromosikan informasi, jasa, produk-produknya, dll.


Hoax mail
Email bohong yang informasinya dari sumber yang tidak jelas.



High Speed Mobile Data
Disingkat dengan HSMD. Salah satu metode untuk mentransfer data tanpa kabel. Kecepatannya 40 Kbps. Sayangnya kecepatan ini tidak stabil dan bisa turun menjadi 9kbps bila ada gangguan atau beban yang terlalu besar di jaringannya. Kelebihannya, setiap pemakai memiliki satu kanal sendiri.



Hertz
Adalah nama dari pengukuran dasar terhadap frekuensi, dimana suatu gelombang elektromagnetik komplit dalam satu putaran (satu gelombang lengkap) dari positif hingga negatif dan kembali lagi dalam satu detik.



Head cleaning
Suatu perangkat pertolongan yang digunakan untuk membersihkan peralatan pembaca dan penulis data (head) dari kotoran yang menempel.


Hardware
Perangkat keras. Suatu alat yang bisa dilihat, diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi.


Hard Real time
Sistem yang harus memenuhi tenggat waktu pada setiap kesempatan. Contoh sistem dari kelas ini adalah sebuah sistem yang melakukan shutdown dari sebuah roket. Sebuah delay yang tak terduga selama setengah detik mungkin dapat menyebabkan roket meledak. Penentuan apakah sebuah sistem termasuk dalam kategori hard real time tidak berdasarkan waktu respon rata-rata yang dimilikinya, melainkan berdasarkan waktu respon terburuk.



Hard copy
Hasil cetakan dari tulisan (kata, angka, karakter khusus dan simbol-simbol lain) serta image (grafik atau gambar) pada media kertas (hard) seperti kertas.



Handphone
Telepon genggam, biasanya disebut juga dengan cellular


Handheld computer
Komputer yang berukuran kecil dan sumber listriknya dari baterai, serta dapat dimasukkan ke dalam saku.


Hak cipta
Hak cipta adalah hak khusus yang diberikan negara kepada pencipta untuk mengumumkan atau memperbanyak hasil ciptaannya dalam bidang ilmu pengetahuan.



Hak Atas Kekayaan Intelektual
Biasa disingkat dengan HaKi. Jenis-jenis HaKi tersebut adalah:
Hak cipta, paten, merek, indikasi geografis, desain industri, desain tata letak, rahasia dagang secara umum, dan perlindungan varietas tanaman.



Hacker
Mengacu pada seseorang yang punya minat besar untuk mempelajari sistem komputer secara detail dan bagaimana meningkatkan kapabilitasnya. Besarnya minat yang dimiliki seorang hacker dapat mendorongnya untuk memiliki kemampuan penguasaan sistem yang diatas rata-rata kebanyakan pengguna.




Obligasi Boleh Alih
Obligasi boleh alih adalah obligasi yang dapat dialihkan kepemilikannya dari pemagang pertama kepada pihak lain berdasarkan negosiasi

Remote Acces Service

Real Time
Istilah yang digunakan untuk menunjukan suatu aksi dapat dipantau pada waktu aksi tersebut terjadi.

Read Write Head
Alat yang terdapat pada disk drive yang berfungsi menulis dan membaca data

RAM
Random Access Memory, memori penyimpanan sementara yang bersifat acak, biasanya disebut juga memori kerja.


Scandisk
Aplikasi untuk melacak kerusakan pada disk dan memperbaikinya



Typosquatting
Penggunaan suatu domain di Internet dengan nama yang mirip dengan suatu perusahaan, nama produk, dan lain.



Thumbnail
Miniatur sebuah gambar



Text File
File yang mengandung text ASCII


Tera
Awalan dari ukuruan triliunan

URL
Uniform Resource Identifier, sebuah alamat yang menunjukan sebuah resource di internet

UNIX
Nama sistem operasi yang berjalan di beragam komputer. Dikembangkan oleh Ken Thompson dan Dennise Ritchie, tahu 1969.


Vendor
Penyalur suatu perangkat hardware dan software



Related Post:

0 comments:

Post a Comment

Please,Leave your best comment,thank you

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...