Selain rasanya menyegarkan, air kelapa memiliki manfaat bagi kesehatan. Beberapa orang memanfaatkan air kelapa untuk mengatasi mual dan muntah, juga sering digunakan untuk menggantikan plasma dalam transfusi darah selama Perang Dunia II.

Mineral dan elektrolit dalam air kelapa sangat beragam mulai dari kalsium, kalium hingga magnesium. Tapi ketika minyak dari kelapa ini semakin banyak, artinya kepala semakin tua, maka mineral banyak diserap untuk mengeraskan daging kelapa sehingga manfaat untuk pengobatan menjadi berkurang.

Menurut Healthmad, berikut adalah 7 manfaat air kelapa bagi kesehatan:

1. Mempertahankan keseimbangan elektrolit
Air kelapa merupakan cairan isotonik, yang dapat menggantikan mineral dan elektrolit yang hilang bersama dengan cairan tubuh. FAO (Food and Agriculture Organization) telah menguji dan mencoba untuk mematenkan air kelapa sebagai minuman isotonik.

2. Mengatasi gangguan kemih
Berbagai gangguan saluran kemih dapat diatasi dengan air kelapa, termasuk poliuria (sering buang air kecil), stranguria (kesulitan dalam buang air kecil) dan lain-lain. Pengaruhnya terhadap masing-masing orang dapat bervariasi tergantung pada penyebab dan beratnya penyakit.

3. Penghancuran batu ginjal
Selain mengonsumsi obat dari dokter, pasien batu ginjal biasanya juga minum air kelapa. Timbunan plak atau kerak yang terbentuk di ginjal lebih mudah melunak dan akan hilang bersama urin.

4. Membunuh cacing usus

Ada mitos yang mengatakan bahwa makan kelapa terlalu banyak dapat menyebabkan infeksi cacing kremi, tapi tidak pernah bisa dibuktikan secara ilmiah. Sebaliknya, minum air kelapa dicampur dengan 1 sendok teh minyak zaitun 3 kali sehari dapat membasmi cacing kremi dari usus.

5. Pengganti plasma darah
Komposisi kimia air kelapa hampir identik dengan plasma darah sehingga mudah untuk ditransfusikan. Dalam situasi darurat, terutama selama Perang Dunia II, air kelapa sering ditransfusikan pada prajurit yang sekarat ketika bantuan plasma darah belum tiba.

6. Anti kuman

Tidak banyak penelitian membuktikan hal ini, tetapi beberapa ahli percaya air kelapa sangat ampuh untuk menyingkirkan virus dan patogen (menyebabkan penyakit) mikroorganisme. Kandungan monolaurin di dalamnya diyakini ampuh membasmi virus flu, herpes dan bahkan HIV.

7. Mengatasi mual dan muntah

Berbagai penyakit seperti malaria, tipus dan demam berdarah dapat memicu gejala mual dan muntah. Untuk mengatasi ini, minum air kelapa dapat membantu menetralkan lambung, sehingga mengurangi gejala-gejala itu.

sumber: Metrotvnews



Related Post:

0 comments:

Post a Comment

Please,Leave your best comment,thank you

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...