Socotra atau Soqotra (Arab سُقُطْرَى ; Suquṭra) adalah kepulauan kecil yang terletak di Samudera Hindia. Kepulauan ini terletak 80 km sebelah timur dari Tanduk Afrika, dan 380 km sebelah selatan dari Jazirah Arab.Kepulauan ini sangat terisolasi, sehingga 1/3 dari floranya tidak dapat ditemui di tempat lain selain di kepulauan ini.Socotra merupakan bagian dari wilayah Republik Yaman.

pulau Socotra, yang unik memperoleh pengakuan UNESCO pada Juli 2008 sebagai situs warisan alam dunia.

Kepulauan Socotra, di Samudera Hindia dengan panjang 250 km  dan terdiri dari empat pulau dan dua pulau berbatu yang muncul sebagai perpanjangan Tanduk Afrika.  Situs ini penting karena keanekaragaman hayati universal dengan kekayaan flora dan fauna yang berbeda: 37% spesies Socotra's 825 tanaman, 90% spesies reptil dan 95% spesies bekicot yang tidak ditemui di tempat lain di dunia.  Situs ini juga mendukung populasi yang signifikan secara global;tanah dan burung laut (192 jenis burung, 44 Tahun yang berkembang biak di pulau-pulau sedangkan 85 adalah para migran reguler), termasuk sejumlah spesies terancam. Kehidupan laut Socotra juga sangat beragam, dengan 253 spesies pembentuk terumbu karang, 730 jenis ikan pesisir dan 300 jenis kepiting, lobster dan udang.  Socotra  telah diistilahkan sebagai "Galapagos Samudera Hindia".

Satellite image over Socotra Island (سُقُطْرَى ; Suquṭra), made using NASA World Wind using Landsat imagery(wikipedia)
Pemandangan pantai pulau Socotra Qalensia 27 Maret 2008.




Tomas van Houtryve / VII Network
 "Mawar gurun Socotran", yang gemuk batang yang disesuaikan untuk menyimpan air, berdiri di atas bukit di Wadi Diksam di pulau Socotra 1, Februari 2008.(Xinhua/Reuters Photo/Time)


Dragon's Blood Tree, yang dikenal secara lokal sebagai Dam al-Akhawain, atau darah dari dua bersaudara, terlihat di pulau Socotra 27 Maret 2008. Berharga untuk perusahaan getah obat merah, Dragon's Blood adalah pohon yang paling mencolok dari 900 spesies tanaman di pulau Socotra di Laut Arab, 380 km (238 mil) selatan Yaman daratan dan 80 km barat Tanduk Afrika.(Xinhua / Reuters Photo/Time)
Seekor burung Hering Mesir  di pulau Socotra 27 Maret 2008.(Xinhua / Reuters Photo)
Seorang gadis kecil sedang main ayunan pada tali di pelabuhan nelayan Qalensiya, kota terbesar kedua di pulau Socotra 1, Februari 2008 Foto. (Xinhua / Reuters)
 Penduduk Socotra yang sebagian besar adalah beragama muslim(Time Picture)

Pemandangan salah satu Gua di Pulau Socotra(Time Picture)
Seorang wisatawan berenang di kolam batu alam di sungai di pulau Socotra 1, Februari 2008 Foto. (Xinhua / Reuters)
 _dari berbagai sumber




Related Post:

0 comments:

Post a Comment

Please,Leave your best comment,thank you

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...