BUKAN hanya kosmetik yang memiliki tanggal kedaluarsa. Sejumlah benda yang biasa dipakai sehari-hari juga memiliki masa pakai karena mengalami penurunan fungsi seiring intensitas pemakaian.

Benda bisa mendatangkan efek negatif jika tidak diganti atau dirawat secara teratur. Ini penting agar tidak mendatangkan masalah kesehatan bagi keluarga.
Berikut ini jdwal penggantian yang dianjurkan untuk barang-barang tersebut.

1. Sisir
GANTI: Cuci dalam air panas seminggu sekali dan ganti ketika bagian geriginya rusak.
Bersihkan sisir dengan air hangat satu kali dalam seminggu. Ganti jika sikat sisir mulai rusak atau sudah terasa sakit saat digunakan. Seperti dikutip dari The Sun, Food and Drink Federation, Inggris, mengungkap, satu milimeter folikel rambut bisa membawa 50.000 bakteri.
Menurut Food And Drink Federation Inggris, folikel rambut bisa memegang 50.000 kuman dan sisir Anda dapat berkontribusi untuk ini. Marilyn Sherlock dari The Institute Of Trichologists mengatakan, sisir juga mengumpulkan residu produk rambut yang dapat menjadi lengket dan justru menarik kotoran, bukan membersihkan.
Sisir Anda bahkan bisa membawa bakteri lebih banyak, karena menjadi sarang bertumpuknya sel kulit kepala mati dan sisa produk perawatan rambut. Jika tidak dibersihkan bisa menimbulkan ketombe.

2. Sikat gigi

GANTI: Setiap tiga bulan.
Penelitian telah menunjukkan sikat gigi digunakan lebih dari tiga bulan kurang efektif. Perlu dicatat, virus seperti Hepatitis B dan C dapat ditularkan melalui sikat gigi yang berbagi pakai.Efektivitas sikat gigi hanya berumur tiga bulan. Jika bulu sikat mulai rusak sebaiknya segera ganti dengan yang baru, karena bisa membuat gusi terluka dan berdarah. Ganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali.

3. Bra

GANTI: Setiap tiga bulan atau setelah 30-40 kali dicuci, terutama untuk bra olahraga.
Payudara terdiri dari jaringan lemak dari ligamen Cooper. Payudara dapat mengendur saat berolah raga apabila tidak didukung bra yang baik. Bra akan kehilangan dukungan mereka setelah tiga bulan.

Peneliti dari Universitas Portsmouth menemukan bahwa saat berolah raga jogging lebih dari satu mil maka payudara wanita akan memental hingga 135 meter, atau hampir empat kilometer selama maraton. Angka ini didapatdari jarak pantul ketika payudara naik dan turun.Hindari menggunakan detergen kimia dan pelembut karena merusak bahan lycra pada bra. Anda perlu membeli bra secara teratur karena payudara terdiri dari jaringan lemak. Jika tidak tersangga dengan baik, payudara akan lebih cepat turun dan mengendur.

4. Matras

GANTI: Setiap delapan sampai sepuluh tahun.
Menurut penelitian, kita mengeluarkan setengah pint kelembaban yang sangat sempurna bagi tungau atau kutu debu. Selain itu, sisik kulit kita yang terkelupas menyediakan sumber makanan bagi mereka.
Tempat tidur rata-rata berisi lebih dari 10.000 tungau debu rumah. Hal ini dapat memicu alergi, menyebabkan asma, dan eksim.Ganti matras atau ranjang setiap 8-10 tahun. Menurut Sleep Council, fungsi matras yang menurun bisa menurunkan kualitas tidur penggunanya.

5. Alas memotong/talenan
GANTI: Bersihkan dan diberi disinfektan setelah penggunaan. Ganti ketika terjadi kerusakan permukaan yang biasanya membuat pembersihan sulit dilakukan.
Talenan untuk memotong berbagai hal ini rata-rata menyimpan bakteri 50 kali lebih banyak daripada kursi toilet. Ini terjadi bila papan talenan sudah beralur banyak akibat goresan pisau, sehingga semakin sulit untuk dibersihkan lagi.Selalu bersihkan dan cuci dengan cairan disinfektan setelah digunakan. Ganti dengan yang baru, jika mulai sulit dibersihkan.Jangan sampai kesehatan keluarga bermasalah, karena alat memasak yang kurang bersih.

6. Handuk
GANTI: Setiap minggu minggu dicuci dengan air hangat 60°C dan tidak berbagi.
Cuci handuk tiap minggu dalam air bertemperatur 60 derajat celsius. Anda bisa dengan mudah terkena infeksi kulit jika jarang mencuci handuk. Apalagi jika handuk juga digunakan oleh orang lain, penyakit kulit akan menular. Jangan memiliki kebiasaan berbagi handuk yang sama dengan orang lain.

7.Bantal

GANTI: Cuci setiap tiga bulan atau ganti setiap enam sampai 12 bulan.

Setelah enam bulan, 10 persen dari bantal Anda terdiri dari tungau debu, kotoran, dan keringat Anda. Limbah tungau debu ketika terhirup membuat orang lebih rentan terhadap asma, rhinitis, dan sinusitis.

8.Spons

GANTI: Bersihkan setiap kali digunakan dan diberi disinfektan.

Bakteri biasanya bersarang dalam lubang spons. Lebih dari satu miliar kuman dapat tumbuh dalam spons setelah satu hari pemakaian.

Universitas Arizona menemukan bahwa spons kotor di dapur menyimpan sejumlah besar bakteri, termasuk Ecoli dan salmonella.

9.Selimut
GANTI: Cuci selimut setiap enam bulan. Bersihkan sprei mingguan.

Sebuah studi University of Worcester menemukan beberapa selimut menjadi sarang tungau debu, sisik kulit, bakteri dan spora jamur. Ini dapat menyebabkan asma dan rhinitis.

sumber:Tribunnews



Related Post:

0 comments:

Post a Comment

Please,Leave your best comment,thank you

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...