inilah.com-Memiliki tubuh terlalu kurus juga sangat berbahaya karena kekurangan gizi dan nutrisi yang dapat menimbulkan penyakit.
Karenanya, bagi pemilik tubuh kurus disarankan banyak mengkonsumsi makanan berkalori dan protein yang tepat, serta rajin berolah raga agar badan gemuk namun sehat.

Seperti dikutip dari Rediff, berikut ini tips menggemukkan badan dengan cara yang sehat;
 

Asupan kalori lebih banyak
Tubuh Anda terlalu kurus? Mungkin Anda kekurangan kalori. Normalnya, wanita membutuhkan sebanyak 1.900 kalori sehari yang digunakan untuk beraktivitas.
Nah, jika ingin menaikkan berat badan, asuplah kalori lebih dari itu. Anda memerlukan 500 kalori ekstra per hari, agar berat badan bisa naik sekitar setengah kilogram seminggu.

Pilihan makanan tepat
Jangan karena ingin tubuh lebih berisi dengan cepat, lantas Anda bisa melahap semua makanan yang ada tanpa tahu nutrisinya. Anda tetap disarankan mengonsumsi makanan sehat dengan kalori seimbang.
Misalnya susu rendah lemak, ikan-ikanan, daging merah, telur, nasi merah, sayur dan buah. Hindari konsumsi makanan deep-fried cooking atau makanan cepat saji terlalu sering karena bisa sebabkan menumpuknya lemak dan kolesterol yang berbahaya bagi kesehatan.

Protein sangat penting
Tingkatkan asupan protein, sebab tubuh Anda memerlukan banyak protein untuk membentuk otot-otot baru. Konsumsilah makanan dengan protein tinggi, seperti kacang-kacangan, ikan dan daging. Tapi jangan sampai Anda melupakan karbohidrat dan lemak.
Dalam jumlah sedikit, dua nutrisi ini bisa membuat tubuh lebih gemuk secara sehat. Pilih lemak sehat yang biasa terdapat pada biji-bijian, minyak zaitun atau ikan salmon. Untuk karbohidrat, konsumsilah yang bersifat kompleks, misalnya nasi merah, kentang rebus atau gandum.

Konsumsi cemilan sehat
Disarankan untuk makan lima kali sehari jika ingin menambah berat badan tiga porsi makanan utama dan dua porsi camilan. Pilihlah camilan sehat tinggi gizi dan kalori, bukan junk food. Misalnya keju, milk shake, muffin, buah kering, dark chocolate dan yoghurt.

Minum banyak cairan
Jumlah cairan juga berpengaruh pada proses penggemukan badan. Namun hindari terlalu banyak konsumsi minuman energi karena biasanya mengandung banyak garam serta gula. Minumlah air putih, susu atau jus buah segar.

Olahraga secara teratur
Agar nutrisi yang Anda konsumsi tidak menjadi lemak berlebih, bakarlah dan bentuk menjadi massa otot. Untuk itu, Anda perlu berolahraga secara intens. Lakukan secara rutin, misalnya empat kali seminggu dan tanyakan kepada instruktur fitnes, olahraga apa yang cocok untuk Anda.



Related Post:

0 comments:

Post a Comment

Please,Leave your best comment,thank you

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...