inilah.com-Kebutuhan nutrisi makanan antara pria dan wanita memang berbeda. Diantaranya, pria membutuhkan nutrisi untuk membantu mempertahankan massa otot mereka dan mencegah kanker prostat.

Seperti yang diungkapkan juru bicara American Diabetic Association, Christine Gerbstadt, MD, RD, makanan yang baik untuk sistem kardiovaskular baik juga untuk fungsi ereksi pada pria.

Nah, apa saja makanan yang melawan penyakit dan menjadi awal untuk meningkatkan kesehatan pria ?

Berry atau cherry

Ungu, biru, dan merah, warna di semua jenis beri dan ceri adalah buah yang menyehatkan. Beri memiliki 4000 senyawa yang berbeda yang bersifat antioksidan seperti vitamin C, jadi pastikan mengonsumsi buah ini yang rendah kalori.

Masukkan buah dalam diet dapat memperlambat penurunan fungsi otak yang terjadi karena penuaan. Blackberries, blueberries, strawberry, raspberries, cranberries, dan ceri dapat meningkatkan fungsi otak dan membuat otak tetap sehat.

Sayuran berwarna merah

Vitamin C dan beta karoten adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel kulit yang sehat dan mencegah oksidasi dari matahari. Vitamin C memproduksi kolagen.

Beta karoten mengkonversi ke bentuk aktif dari vitamin A, yang membantu memperbaiki sel epitel kulit. Contohnya, paprika merah, wortel, labu kuning, atau kentang. Sayuran yang kaya nutrisi dapat membantu mengurangi risiko pembesaran prostat.


Kacang brazilian

Mengandung banyak magnesium dan selenium, antioksidan kuat yang membantu mencegah penyakit jantung dan kanker serta melindungi kesehatan prostat. Selenium membantu menurunkan LDL, si kolesterol jahat dan mengurangi pembekuan darah serta penyakit jantung.

Biji-bijian

Gandum menyediakan sumber serat, vitamin, mineral, yang baik bagi kesehatan jantung, membentuk otot, dan menjaga lingkar pinggang tetap kecil.

Havermout dan jelai kaya akan serat larut, full vitamin B yang membantu kesehatan prostat. 10-25 gram kebutuhan serat larut per hari dari havermout atau sumber serat larut lainnya seperti apel, pir, dan kacang-kacangan.

Tiram

Tiram dapat memberikan pasokan salah satu antioksidan yaitu mineral seng. Seng terlibat dalam ratusan proses tubuh, dari memproduksi sel-sel hingga memperbaiki DNA. Seng dapat melindungi sel yang rusak yang mengarah ke kanker prostat. Seng juga meningkatkan fungsi sistem reproduksi dan jumlah sperma.


Pisang

Pisang sebagai sumber energi dan kaya akan kalium, dibutuhkan untuk mengatur saraf, denyut jantung dan tekanan darah. Diet kaya kalium dan magnesium (juga terkandung pada pisang) dapat mengurangi risiko stroke.


Lemak ikan

Lemak ikan merupakan lemak sehat, yang dinamakan asam lemak omega-3. Lemak tak jenuh ganda ini berguna bagi jantung, sirkulasi darah, sistem kekebalan dan mengurangi risiko kanker prostat. Ikan kaya akan asam lemak omega-3 antara lain salmon, sardin, tuna, mackerel, ikan herring.

Sementara lemak omega-3 yang berasal dari tumbuhan antara lain flaxseed, kacang kenari, kacang kedelai, minyak kanola, dan telur. Lemak ikan juga sumber terbaik dari vitamin D, yang membantu mencegah kanker, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan penyakit tulang.



Related Post:

0 comments:

Post a Comment

Please,Leave your best comment,thank you

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...